Teks Arab, Latin Terjemah, Asbabun Nuzul dan Arti Perkata Surat Al-Mujadilah Ayat 11

Arti Perkata Surat Al-Mujadilah Ayat 11 – Dikesempatan kali ini ridpir.com akan memaparkan kutipan ayat Al-Quran surah Al-Mujadilah ayat 11 beserta terjemah, latin dan arti perkata untuk sobat semua.

Adapun untuk pembahasan tajwid pada ayat ini mungkin akan dibahas pada artikel selanjutnya jika ada kesempatan.

Bagi sobat yang ingin mempelajari ilmu tajwid bisa mengakses kategori Tajwid dibagian atas pada menu navigasi atau klik tautan berikut.

Pelajari Juga: √ Arti Perkata Surat Ar-Rum Ayat 21 | Arab Latin Terjemah dan Mufradat

Asbabun Nuzul QS. Al-Mujadilah Ayat 11

Al-Mujadilah ayat 11 ini diturunkan pada hari jum’at ketika Rasulullah SAW berdiam disuatu tempat setelah perang badar bersama para sahabat dan sudah menjadi kebiasan beliau memberikan tempat khusus bagi para sahabat yang terlibat dalam perang Badar.

Ketika majelis tengan berlangsung, datanglah beberapa sahabat lain yang terlibat dalam perang badar. Kemudian datang pula sahabat lainnya. Mereka yang baru datang memberi salam, dan Rasul beserta para sahabatpun menjawab salam mereka.

Tetapi mereka yang telah lama bersama Rasul tidak sedikitpun bergeser dari tempat duduknya, sehingga mereka yang baru datang tidak duduk dan terus berdiri. Maka Rasulullah SAW memerintahkan mereka yang tidak terlibat dalam perang Badar untuk berdiri dan mencari tempat lain agar para sahabat yang berjasa dalam perang Badar bisa duduk didekat Nabi.

Perintah itu mengecilkan hati mereka yang disuruh berdiri, dan inilah yang digunakan oleh kaum munafikin untuk memecah belah dengan berkata: “Katanya Muhammad berlaku adil, tetapi ternyata tidak.” Nabi yang mendengar kritik itu bersabda: ”Allah merahmati siapa yang memberi kelapangan bagi saudaranya

Kaum beriman menyambut tuntunan Nabi lalu turunlah ayat diatas mengukuhkan perintah dan Sabda Nabi SAW

Baca Juga: √ Arti Perkata Surah Al-Baqarah Ayat 177, Latin Arab Terjemah Indonesia

Teks Arab, Latin dan Terjemah Surat Al-Mujadilah Ayat 11

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا قِيلَ لَكُمْ تَفَسَّحُوا فِي الْمَجَالِسِ فَافْسَحُوا يَفْسَحِ اللَّهُ لَكُمْ ۖ وَإِذَا قِيلَ انشُزُوا فَانشُزُوا يَرْفَعِ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا مِنكُمْ وَالَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ ۚ وَاللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌ

yā ayyuhallażīna āmanū iżā qīla lakum tafassaḥụ fil-majālisi fafsaḥụ yafsaḥillāhu lakum, wa iżā qīlansyuzụ fansyuzụ yarfa’illāhullażīna āmanụ mingkum wallażīna ụtul-‘ilma darajāt, wallāhu bimā ta’malụna khabīr

Hai orang-orang beriman apabila dikatakan kepadamu: “Berlapang-lapanglah dalam majlis”, maka lapangkanlah niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan: “Berdirilah kamu”, maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.

Arti Perkata Surat Al-Mujadilah Ayat 11

Bacaan Arti
يَٰٓأَيُّهَا wahai
ٱلَّذِينَ orang-orang yang
ءَامَنُوٓاْ beriman
إِذَا apabila
قِيلَ dikatakan
لَكُمۡ bagi kalian
تَفَسَّحُواْ berlapang-lapanglah
فِي dalam
ٱلۡمَجَٰلِسِ majlis
فَٱفۡسَحُواْ maka lapangkanlah
يَفۡسَحِ melapangkan
ٱللَّهُ Allah
لَكُمۡۖ bagi kalian
وَإِذَا dan apabila
قِيلَ dikatakan
ٱنشُزُواْ bangunlah
فَٱنشُزُواْ maka bangunlah
يَرۡفَعِ meninggikan
ٱللَّهُ Allah
ٱلَّذِينَ orang-orang yang
ءَامَنُواْ yang beriman
مِنكُمۡ diantara kamu
وَٱلَّذِينَ dan orang-orang
أُوتُواْ (mereka) diberi
ٱلۡعِلۡمَ ilmu
دَرَجَٰتٖۚ derajat
وَٱللَّهُ dan Allah
بِمَا dengan apa-apa
تَعۡمَلُونَ kamu kerjakan
خَبِيرٞ Maha Mengetahui

Demikian Arti Perkata Surat Al-Mujadilah Ayat 11 yang disajikan lengkap dengan teks arab yang tentunya bisa copy juga terdapat teks latin, terjemah dan Asbabun Nuzul, Semoga bermanfaat bagi sobat semua dan memudahkan dalam mempelajarinya

Wallahu A’lam Bishawab

Ababun Nuzul dikutip dari bacaanmadani